Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan

PROFIL
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SOSIOLOGI

SEJARAH SINGKAT
Arus perubahan sosial yang berlangsung demikian cepat diiringi kecenderungan global yang melingkupi segenap aktivitas kemasyarakatan maupun kenegaraan, memutlakkan kebutuhan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas sekaligus memiliki kemampuan menjawab ragam tantangan tersebut. Salah satukebutuhan yang kian dirasakan mendesak untuk dipenuhi terlebih seiring makin cepatnya arus perubahan sosial serta tuntutan global tersebut adalah penyediaan SDM yang berlatar pendidikan ilmu sosial maupun ilmu politik. Hal ini cukup beralasan mengingat makin kompleks dan beragamnya persoalan-persoalan kemasyarakatan, termasuk derivataktivitas yang ada di bawahnya seperti dinamisasi politik di tingkat lokal maupun nasional, interrelasi antar negara dan kelembagaan internasional, era komunikasi media dan kecanggihan teknologi informasi, pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan hingga penanganan masalah (patologi) sosial kemasyarakatan yang kian hari mewujud dalam beragam bentuk. Pemahaman ini tidak hanya sebatas pada kemampuanan alitik atas teori maupun konsep saja, dan diharapkan juga akan mengharuskan ketersediaan keahlian bersifat teknis yang bertanggung jawab dengan kebutuhan pasar kerja.
Untuk menjawab kondisi tersebut, maka Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Mega Rezky Makassar menidirikan sebuah institusi Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) yang mana didalamnya terdapat 4 (empat) prodi pendidikan salah satunya Program Studi Pendidikan Sosiologi.
Program studi Pendidikan Sosiologi lahir untuk menjawab kebutuhan akan tersedianya tenaga-tenaga pendidik yang mengajarkan mata pelajaran sosiologi di satuan pendidikan menengah atas. Selama ini sangat sulit ditemukan guru bidang studi sosiologi yang berlatar belakang sarjana pendidikan sosiologi. Tak heran hasil ujian nasional beberapa tahun ini untuk mata pelajaran sosiologi termasuk kategori rendah hasil pencapaiannya. Guru yang mengajar pada umumnya tidak memahami secara utuh dan mendalam konsep, teori, paradigma dan metode dalam ilmu sosiologi. Belum lagi model pengajaran guru yang monoton hanya dengan ceramah saja, membuat pelajaran sosiologi kurang menarik dan membosankan.
Maka dari itu, di tahun 2011 disusunlah proposal pendirian Program Studi Pendidikan Sosiologi. Setelah mengalami beberapa kali perbaikan, maka pada tanggal 10 Juni 2014 melalui SK Mendikbud Nomor: 147/E/O/2014 (Terakreditasi) pendirian Program Studi Pendidikan Sosiologi STIKIP Mega Rezky Makassar disetujui. Setelah hal tersebut, maka kami melakukan langkah-langkah persiapan dengan lokakarya kurikulum untuk menyusun kurikulum yang lebih baik sesuai mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan persiapan penerimaan mahasiswa angkatan pertama tahun 2014. Itulah serangkaian perjalanan Program Studi Pendidikan Sosiologi STIKIP Mega Rezky Makassar dan akan menjadi Program Studi terfavorit di STIKIP Mega Rezky Makassar.

Visi & Misi

Visi Program Studi Pendidikan Sosiologi yaitu menjadi program studi yang terdepan, terbaik serta menghasilkan sarjana pendidikan sosiologi yang berkarakter, profesional dan berakhlak mulia dan berwawasan kewirausahaan.

Misi

  1. Menyelenggarakanprosespendidikansosiologiyang berbasis teoritik, empirik dan inovatif.
  2. Menjadikan program studipendidikan sosiologi, sebagai pusat pengembangan ilmupendidikansosiologi.
  3. Melaksanakan penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
  4. Menyelenggarakan proses pendidikan yang inovatif, guna menghasilkan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan khususnya bidang kependidikan.
  5. Mendidik sumber daya manusia dalam bidang kependidikan, sehingga mampu menjadi teladan di tengah masyarakat.
  6. Menciptakan tenaga kependidikan yang memiliki integritas kepribadian yang tinggi, bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, menjunjungtinggietikaprofesi, memilikikeunggulankompetensi pada profesinya, berwawasan luas, memiliki kepekaan sosial, pengabdi yang mandiri dalam mengembangkan pengetahuan pendidikan sosiologi dan teknologi.

Tujuan

  • Menghasilkan alumni sebagai tenaga pendidik dalam bidang pendidikan sosiologi yang berkualitas, cakap dan mandiri, berdaya saing tinggi, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, persatuan dan kesatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial, sehat jasmani dan rohani, serta berwawasan luas khususnya dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan.
  • Menghasilkan pemikiran inovatif dan penelitian yang terbarukan untuk pengembangan ilmu pendidikan sosiologi yang lebih berkualitas.
  • Menciptakansumberdayamahasiswa dan alumni yang andal dalam bidang riset pengembangan ilmu pengetahuan dan kependidikan.
  • Menghasilkan karya-karya pengabdian masyarakat yang berkualitas yang didasarkan pada pemanfaatan kerjasama antar instansi, penerapan Iptek, dan pemberdayaan segenap lapisan masyarakat dalam bidang teknologi pendidikan.

SASARAN

  • Memaksimalkan kurikulum berbasis kompetensi dan memperbaharui SAP sesuai perkembangan/dinamika global.
  • Mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat untuk menumbuhkan kepekaan sosial.
  • Meningkatkan sarana dan prasarana penunjang proses belajar mengajar.
  • Memperluas jaringan kerjasama/kemitraan dengan pemerintah daerah dan institusi yang terkait dengan disiplin ilmu.
  • Mendirikan laboratorium sosial, guna melakukan segala bentuk riset untuk pengembangan ilmu pendidikan sosiologi yang lebih berkualitas.