Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan

VISI

Mempersiapkan tenaga kependidikan yang professional dalam pengajaran bahasa Inggris, bertaqwa ke pada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan dan kejayaan bangsa.

MISI

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah melaksanakanTridharma Perguruan Tinggi dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris dalam bentuk:

  • Meningkatkan dan memperluas publikasi karya ilmiah dosen Program Studi di tingkat lokal, nasional dan international.
  • Mendorong dan mengembangkan sikap dan pemikiran yang kritis, kreatif dan realistic mahasiswa dengan dilandasi semangat religius dan berwawasan.

TUJUAN

  • Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Inggris yang memiliki kompetensi pedagogi, profesional, kepribadian, dan sosial.
  • Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Inggris yang mampu melakukan penelitian dalam bidang pembelajaran, ilmu bahasa dan sastra Inggris, khususnya penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran bahasa Inggris.
  • Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Inggris yang mampu menerapkan ilmu dan ketrampilan bahasa Inggris untuk melayani kepentingan masyarakat.
  • Menghasilkan karya akademik berupa penelitian ilmiah dan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran di Sekolah Dasar.

PROFIL PRODI

Program Studi yang akan mendidik tenagake pendidikan, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris tidak hanya berperan sebagai lembaga yang akan mendidik tenaga yang terampil dan menguasai berbagai model, pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran sesuai kebutuhan serta karakteristik peserta didik Bahasa Inggris tetapi juga menguasai dan mengembangkan kurikulum Bahasa Inggris sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan IPTEK tetapi juga melaksanakan penelitian ilmiah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran Bahasa Inggris.

Program studi Pendidikan Bahasa Inggris sebagai Program akademik dimana dalam pelaksanaan akademik di tumbuhkan dan dibina melalui pemberian pengalaman dalam pengambilan keputusan kelas, yang merupakan penerapan secara terintegrasi kemampuan penalaran saintifik dan penalaran etik pada mahasiswa yang dididik.

Oleh karena itu, berdasarkan hal diatas, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris melalui pembelajaran akademik selalu berupaya mengharapkan bahwa lulusan program studi ini memiliki sikap, pengetahuan dan ketrampilan professional sehingga dapat melaksanakan peran dan fungsinya sebagai tenaga kependidikan professional baik sebagai pengajar, pendidik juga pembimbing yang senantiasa di samping mengajar juga memberikan pengarahan serta tuntunan kepada peserta didik dalam belajar, dimana peserta didik memiliki keunikan dan sangat kompleks terdapat pada masing-masing individu, dengan demikian seyogyanya memposisisikan diri semata-mata demi kepentingan peserta didik sesuai dengan profesi dan tanggung jawabnya.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusan Pendidikan bahasa inggris sesuai KKNI berdasarkan jenjang kualifikasi yaitu :

  • Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni pada bidang Bahasa Inggris dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  • Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan bahasa inggris secara umum dan konsep treoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan bahasa inggris secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  • Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasidan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.

Berdasarkan kompetensi sesuai jenjang kualifikasi Pendidikan Bahasa Inggris maka lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki kompetensi utama dan pendukung yaitu Para lulusan Program S1 Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan memiliki kompetensi utama berikut ini:

  • Mampu menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi Bahasa Inggris di sekolah menengah.
  • Mengenal dan menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah menengah, baik perkembangan fisik maupun psikologis.
  • Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi Bahasa Ingris di sekolah menengah.
  • Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah menengah.
  • Melaksanakan model-model evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran secara signifikan di sekolah menengah.
  • Melakukan penelitian yang dapat mengembangkan pembelajaran di sekolah menengah secara inter dan multi–disiplin dan mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil peneltian dan karyanya secara nasional.
  • Melakukan penelitian untuk memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah menengah secara inter dan multi–disiplin dan mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional.
  • Melakukan bimbingan dan penyuluhan di sekolah menengah untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku pembelajaran di sekolah menengah.
  • Mampu merencanakan, mengelola sumberdaya dan melakukan evaluasiatas pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya.
  • Mampu mendiseminasikan gagasan-gagasan inovatif untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah menengah baik pada tingkat daerah maupun tingkat nasional.
  • Memiliki karakter kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah menengah.
  • Mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah menengah.

Fasilitas yang Tersedia dan Digunakan:

  1. LaboratoriumBahasa
  2. Ruangan Micro Teaching

STRUKTUR ORGANISASI

PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

KETUA PRODI                :  Muliaty Ibrahim, S.S., M.Pd

SEKERTARIS PRODI    :   SuhartiSiradjuddin, S.S.,S.Pd.,M.Pd

Sub BagianEvaluasi       :   Sujarwo, S.Pd.,M.Pd

Sub BagianPengajaran   :  YuniMayasari, S.Pd

Dosen  Tetap :

  • Muliaty Ibrahim, S.S., M.Pd (Ketua Prodi)
  • SuhartiSiradjuddin, S.S.,S.Pd.,M.Pd (Sek Prodi)
  • Sujarwo, S.Pd.,M.Pd (Sub BagianEvaluasi)
  • AndiUmmulKhair, S.Pd.,M.Pd (Kepala Lab. Bahasa)
  • Muhammad Harun, S.S.,MPd
  • Andi Eritme Yustika, SPd. MPd
  • Muh. Chairil Imran, SPd,MPd
  • Ibrahim Manda, S.Pdi, MPd

Dosen Tidak Tetap    :  

  • Nina Ariani, S.Pd. M.Pd
  • NurAeni, S.Pd. M.Pd
  • Aziz Muslim, S.S. M.Pd. M.Si
  • Ahmad T., S.S. M.Pd
  • SittiRaehana, S.Pd. M.Pd
  • Zulfiana, S.Pd. M.Pd
  • SyamsuAlam
  • Suardi, S.Pd. M.Pd.
  • Drs. La Subede, M.M.Pd
  • HasanBasri, SH. MH
  • Ramli, S.Sos.I.,M.Sos.I
  • Mantasia, S.Pd. M.Pd
  • Drs. Jamal, M.Pd
  • Syamsuddin,S.Pd., M.Pd

KURIKULUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

NO KODE MATA KULIAH PENGAJARAN KET
SKS T P L JML
SEMESTER I
1 MKU 3101 Pendidikan Agama danKetauhidan 3 3 W
2 MKU 3102 PendidikanKewarganegaraan 3 3 W
3 MKU 3103 Bahasaindonesia 2 2 W
4 MKU 3104 Dasar-dasarPenjas 2 1 1 2 W
5 MDP 3101 PengantarPendidikan 2 2 W
6 ING 3101 Basic English grammar 2 2 W
7 ING 3102 Vocabulary I 2 2 W
8 ING 3103 Listening Comprehension 2 1 1 2 W
9 ING 3104 Pronunciation Practice 2 2 W
10 ING 3105 Speaking for Everyday communication 2 1 1 2 W
JUMLAH 22 3 3 22
SEMESTER II
1 MKU 3205 IlmuAlamiahDasar 2 2 W
2 MKU 3206 Kewirausahaan 2 2 W
3 MDP 3202 PsikologiPendidikan 2 2 W
4 ING 3201 ProfesiKependidikan 2 2 W
5 ING 3202 PerkembanganPesertaDidik 2 2 W
6 ING 3206 Introduction to Literature 2 2 W
7 ING 3207 Reading Comprehension 2 2 W
8 ING 3208 Vocabulary II 2 2 W
9 ING 3209 Interpretive listening 2 2 W
10 ING 3210 Complex English Grammar 2 2 W
11 ING 3211 Theory of writing 2 2 W
12 ING 3212 Speaking for Group Activities 2 1 1 2 W
JUMLAH 24 1 1   24
SEMESTER III
1 MDP 3303 LandasanPendidikan 2 2 W
2 MDP 3304 BimbinganKonseling 2 2 W
3 MDP 3307 SosiologiPendidikan 2 2 W
4 ING 3303 BelajardanPembelajaran 3 3 W
5 ING 3313 Introduction to Phonetic & Phonology 2 2 W
6 ING 3314 Poetry 2 2 W
7 ING 3315 Introduction to Linguistic 2 2 W
8 ING 3316 Literal Reading 2 2 W
9 ING 3317 Speaking for Formal Setting 2 1 1 2 W
10 ING 3318 Essay Writing 2 2 W
11 ING 3319 Advance Grammar 2 2 W
JUMLAH 23       23
SEMESTER IV
1 MDP 3405 ManajemenPendidikan 2 2 W
2 MDP 3406 FilsafatPendidikan 2 2 W
3 ING 3404 PengelolanPengajaran 2 2 W
4 ING 3405 Class Management 2 2 W
5 ING 3406 PendidikanInklusif 2 2 W
6 ING 3420 Introduction to Morphology 2 2 W
7 ING 3421 Prose 2 2 W
8 ING 3422 Second Language Acquisition 2 2 W
9 ING 3423 Introduction to Pragmatics 2 2 W
10 ING 3424 Interpretive Reading & Affective Reading 2 2 W
11 ING 3425 Paragraph writing 2 2 W
12 ING 3426 Methods of TEFL for Young Learners 2 2 W
JUMLAH 24       24
SEMESTER V
1 MKU 3507 StatistikPendidikan 2 2 W
2 ING 3507 EvaluasiPendidikan 2 2 W
3 ING 3508 Curriculum & Material Development 2 2 W
4 ING 3509 PerencanaanPembelajaran 2 2 W
5 ING 3510 Introduction to Educational Research 2 2 W
6 ING 3527 Introduction to Semantics 2 2 W
7 ING 3528 Introduction to Sociolinguistics 2 2 W
8 ING 3529 Cross-Cultural Understanding 2 2 W
9 ING 3530 Extensive Reading 2 2 W
10 ING 3531 Argumentative Writing 2 2 W
11 ING 3532 Drama 2 2 W
12 ING 3533 TEFL I 2 2 W
JUMLAH 24       24
SEMESTER VI
1 ING 3611 Micro Teaching 2 1 1 2 W
2 ING 3612 Language Learning Assesment 2 2 W
3 ING 3613 MetodologiPendidikan 2 2 W
4 ING 3614 Academic Writing (TeknikPenulisanIlmiah) 2 2 W
5 ING 3615 Media Pengajaran 2 2 W
6 ING 3634 Introduction to Psycholinguistics 2 2 W
7 ING 3635 Introduction to Syntax 2 2 W
8 ING 3636 Extensive Reading II 2 2 W
9 ING 3637 TEFL  II 2 2 W
10 English for Spesific Purpose
ING 3601        Translation I * 2 2 P
ING 3602        English for Tourism I * 2 2 P
ING 3603        English for Children I * 2 2 P
ING 3604        English for Bussiness I * 2 2 P
JUMLAH 20 1 1   20
SEMESTER VII
1 ING 3716 Teaching Practice(PPL) 4 4 4 W
2 ING 3738 Seminar in Language Teaching 2 2 W
3 ING 3739 Introduction to Discourse Analysis 2 2 W
4 English for Spesific Purpose
ING 3705        Translation II * 2 2 P
ING 3706       English for Tourism II * 2 2 P
ING 3707       English for Children II * 2 2 P
ING 3708       English for Bussiness  II * 2 2 P
JUMLAH 10     4 10
SEMESTER VIII
1 MKU 3808 KuliahKerjaNyata (KKN) 4 4
2 ING 3840 Proposal &Skripsi 4 4
JUMLAH 8     8
TOTAL SKS 155