Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan

PROFIL PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD S1)

PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR STIKIP MEGA REZKY MAKASSAR

MOTTO : IKHLAS, SEMANGAT DAN KREATIF

Staff Prodi PGSD

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN

Visi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) memiliki visi: “Menghasilkan lulusan yang kompeten, unggul dan berkarakter sebagai guru Sekolah Dasar”.

Misi :
Berdasarkan visi tersebut, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) STKIP Mega Rezky Makassar mengemban Misi sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang mengacu pada ketercapaian kompetensi sebagai guru Sekolah Dasar.
  2. Melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat serta pengembangan dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Sekolah Dasar.
  3. Menyelenggarakan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan ( PAIKEM).
  4. Mengembangkan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) berbasis IPTEKS, kewirausahaan, dan jati diri bangsa sebagai sarana memasuki dunia kerja serta untuk pengembangan diri.

Tujuan

Tujuan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) STKIP Mega Rezky Makassar adalah:

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan guru Sekolah Dasar yang memahami dan menguasai model, pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran sesuai kebutuhan serta karakteristik peserta didik Sekolah Dasar.
  2. Menghasilkan karya akademik berupa penelitian ilmiah dan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM)
  4. Menghasilkan lulusan yang menguasai IPTEKS serta bermanfaat dalam pembelajaran dan pengembangan diri secara berkelanjutan serta berkepribadian yang mencerminkan jati diri bangsa Indonesia.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran Pencapaian:

Sasaran pencapaian yang akan dituju dalam proses pengembangan Program Studi PGSD sebagai berikut :

  1. Terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas, unggul, mandiri, dan profesional.
  2. Menghasilkan penelitian yang berbasis IPTEKS dan akuntabel sebagai sumber pengembangan ilmu pengetahuan.
  3. Terwujudnya pelaksanaan pendidikan kepada masyarakat.
  4. Menghasilkan lulusan yang cerdas, terampil, dan kompeten dalam mengembangkan keilmuan terkait Pendidikan Dasar.
  5. Terciptanya suasana akademik yang kondusif dan dinamis demi kelancaran kegiatan akademik.
  6. Terwujudnya hubungan kerjasama yang mendukung peningkatan kualitas program studi.

Strategi pencapaian sasaran meliputi:

  1. Melaksanakan kurikulum Program Studi yang berbasis kompetensi, dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
  2. Melakukan kajian kurikulum secara berkala dengan menerima masukan dari stackholder (pengguna lulusan) guna meningkatkan kualitas lulusan Program Studi PGSD.
  3. Membentuk lembaga penjaminan mutu internal untuk menjaga mutu lulusan dari Program Studi PGSD.
  4. Bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Program Studi PGSD.
  5. Memotivasi dosen untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih tinggi.
  6. Meningkatkan peran serta dosen dan staf dalam penyelenggaraan Tri Dharma perguruan tinggi.
  No Nama Dosen Tetap NIDN/ NUPN Tanggal Lahir Jabatan Akademik Gelar Akademik Pendidikan S1,    S2, S3, dan Asal Univ. Bidang Keahlian untuk

Setiap Jenjang Pendidikan

(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1 Syamsul Alam 0926115801 Ujung Pandang, 26 November 1958 Asisten Ahli Drs,

M.Si.

S.1 IKIP UP

S.2 UIT Makassar

S.3 Dalam Proses

Administrasi Pendidikan

Administrasi Negara

Administrasi Publik

2 Eka Fitriana H.S 0918038801 Rappang,

18 Maret 1988

Tenaga Pengajar S.Pd., M.Pd S.1 UNM Makassar

S.2 UNM Makassar

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Pendidikam Matematika Sekolah

3 R. Supardi 0925058802 Watampone, 25 Mei 1988 Tenaga Pengajar S.Pd., M.Pd S.1 Unismuh Makassar

S.2 UNM Makassar

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Pendidikan IPS Ke SD-An

4 Muh. Ilham Budi Utama 0920028801 Ujung Pandang 20 Februari 1988 Tenaga Pengajar S.Pd., M.Pd S.1 UNM Makassar

S.2 UNM Makassar

Penjaskes Ke SD-An

Penjaskes Ke SD-An

5 Perawati Bte Abustang 0902058601 Sabah 2 Mei 1986 Tenaga Pengajar S.Pd., M.Pd S.1 UNM Makassar

S.2 UNM Makassar

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Pendidikan IPS Ke SD-An

6 Nurhadifah Amaliyah 0910078901 Bantaeng 10 juli 1989 Tenaga Pengajar S.Pd., M.Pd S.1 Unismuh Makassar

S.2 UNM Makassar

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Pendidikan IPS Ke SD-An

7 Waddi Fatimah 0901048801 Langnga 01 April 1988 Tenaga Pengajar S.Pd., M.Pd S.1 UNM Makassar

S.2 UNM Makassar

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Pendidikan IPS Ke SD-An

8 Cayati 0906107303 Jeneponto,

6 Oktober 1973

Tenaga Pengajar S.Pd.,

M.Pd

S.1 Universitas Negeri Manado

S.2  Universitas Negeri Jakarta

Bidang Studi Kimia

 

Pendidikan Dasar

 

9 Masnur Dalam Proses Pinrang 12 Januari 1985 Tenaga Pengajar S.Pd.,

M.Pd

S.1 Universitas Negeri Makassar

S.2  Universitas Negeri Yogyakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Pendidikan Sains SD